Naik KERETA API LOKAL EKONOMI JARAK JAUH?SAPA TAKUT !!

Oke bloggers,kali ini saya pengen berbagi pengalaman saya menaiki kereta jarak jauh ekonomi,yang dulunya di ingat dengan segala ketidaknyamanan dan ketidakteraturan menjadi layak dan berkualitas..!

Saya masih ingat saat saya masih kecil,mungkin berumur sekitar ya 8 atau 9 tahunan,bahkan lebih muda dari saat itu,tiap tahun saya sekeluarga rutin naik kereta buat pulang pergi surabaya jogja buat pulang kampung. Namun,jarang sekali kami naik kelas ekonomi,karena sangat tidak nyaman dan luar biasa jorok,jadi ibu saya saat itu lebih memilih naik kelas bisnis dan eksekutif karena lebih nyaman dan tenang,mengingat selain saya,masih ada 2 org saudara saya pula yang turut serta (thanks maam,that's so sweet..). Suatu saat harus naik ekonomi,waktu itu mau ke blitar,yang ada hanya ekonomi saja yang tersedia. Jadi mau gak mau ya harus naik.

Pas naik ya ampun,benar2 padat.lorong,kolong kursi,pegangan kursi pinggir,bahkan wc,dijadikan tempat duduk. Belum lagi begitu banyak pedagang asongan yang hilir mudik dan maksain diri buat lewat. Dan alhasil saya yang masih kecil tentu gak betah dan ngeluh aja bawaannya.

Oke,lama setelah itu saya gak pernah lagi naik kereta,karena ortu saya dinas ke indonesia timur jadi jarang pulang kampung. Akhir 2009 baru pindah ke jakarta.

Nah,pada penghujung 2011 ,saya memutuskan untuk liburan dan sekalian belajar bahasa inggris di kampung inggris di pare,kab. Kediri. Waktu itu sekalian juga nunggu pengangkatan cpns di instansi saya,meski jga akhirnya ditunda juga hingga oktober 2012.Saya pun mencari tiket kereta api ke tanah abang. Karen udah lama gak naik kereta jarak jauh,sempet bingung juga sih.tapi stlh nanya kiri kanan,jadi taulah. Saya memutuskan naik KA BRANTAS yang stasiun akhir kediri. Setelah tak lama mengantri,baru saya dapat tiketnya. Dan saat itu baru saya tahu,bahwa kini tiketnya itu memiliki nomor tempat dudk seperti halnya kereta kelas bisnis atau eksekutif,serta tidak ada lagi tiket berdiri atau tanpa nomor tempat duduk.Sempet mikir gak percaya dan gak yakin bakal begitu kalo pas naik kereta,tau sendirilah kayak gimana kalo naik kereta ekonomi jaman dulu.

skip skip skip

Oke tibalah saya pada hari keberangkatan,saya datang agak cepat.kereta berangkat dijadwal jam 4 kalo gak salah,dan saya sudah dstasiun jam 2 an siang. Begitu kereta yang akan dnaiki memasuki peron,langsung saya dan kawan naik buru2,takut gak dapet tempet duduk. Eh trnyata sesuai dgn apa yang diumumkan. Tempat duduk sesuai dgn tiket,salah duduk harap pindah,ada yang sama silahkan komplein.kereta pun gak ngetem selama dlu,15-30 menit kemudian gak lama berangkat juga.

Skip skip skip

Sepanjang perjalanan lumayan nyaman,ya meski gak senyaman bisnis atau eksekutif (harga tiketnya kalo gak salah waktu itu rp.36.000 sodara !!). Tapi yang bikin nyaman,selain masalah tempat duduk,toiletnya lumayan bersih dan ada air..yah lumayan lah buat buang hajat.hehe

Skip lagi.

Sejak saat itu,saya sering sekali menggunakan kereta ekonomi. Apalagi sejak ada terobosan kereta ekonomi ac. Wihh lumayan,harga bisnis,d kereta ekonomi,namun ada gerbong khusus ekonomi ac. Dari jakarta-kediri. Kediri-jogja.
Lumayan nyamanlah,setidaknya semakin manusiawi..selain itu sekarang selalu ada POLSUSKA yang rutin patroli dan senantiasa mendampingi kondektur dalam pemeriksaan tiket. Dan pedagang asongan pun tidak sebanyak dulu,sekarang hanya naik di stasiun tempat berhenti,dan biasanya segera bergegas turun ketika kereta akan berangkat. Dan juga,kini gerbong kereta makan turut disertakan di kereta ekonomi,jadi bisa mesen makan selayaknya dibisnis dan eksekutif.Oiya,kemudian, di stasiun keberangkatan setiap penumpang wajib menunjukkan tiket dan ktp.gak ada ktp atau ktp gak sesuai tiket anda dilarang masuk ke peron tunggu.

Cuma yang masih jadi tikus curut itu masalah calo. Dulu pernah,nanya tiket,gak ada.habis katanya.padahal lumayan jauh dari keberangkatan. Cuma tuhan ama petugas aja yang tau gimana kali ya benerny.apa iya habis seperti itu?

But,after all,sukses buat jajaran PT KAI yang bisa buat terobosan kayak gini,yang puluhan tahun gak pernah ada. Mari bangkitkan kereta api indonesia ! Lebih bagus lagi kalo bisa dari Sabang sampai Merauke !

Comments

Popular Posts