Ngerawat Motor biar (diharapkan) AWET

Oke Bloggers, ini dia lanjtin dari postingan sebelumnya. Kalo sebelumnya saya bercerita tentang bagaimana saya bisa memperoleh si tiger, nah sekarang saya akan menceritakan bagaimana saya merawat tiger saya hingga hari ini.

Nah, pertama kali saya memperoleh motor ini, sama sekali tidak ada bayangan dari benak saya, bagaimna saya harus memulai untuk perawatannya? Karena motor ini baru saja saya pegang, jadi saya memutuskan untuk menservisnya langsung. dan saya pun meminta salah satu orang kantor buat bawa motornya ke bengkel. setelah balik dia cerita, kalau ternyata saringan olinya tidak ada,alhasil harus dibeli yang baru. Kemudian oli ny dia ganti menggunakan oli AHM Oil yang MPX 10w30 1 ltr kalo tidak salah..

oke,sebulan kemudian saya menggunakan oli tersebut. tapi rasanya, kok tidak terasa nyaman ya? tarikan bawah berat dan susah diajak nanjak ke RPM yang tinggi.Pergantian gigi pun terasa kasar, apalagi kalo sedang cuaca panas dan macet. saya tidak tahu apa karena tidak cocok oli atau karena kanvas koplingnya minta diganti.  tak lama, sebulan kemudian, saya memutuskan untuk mengganti olinya dengan Castrol Power1 10w40 1 ltr, skalian servis resmi dibengkel resmi dan mengganti pula kanvas koplingnya. Setelah selesai, langsung saya coba geber, dan sangat terasa perbedaannya. Entah karena Oli dan Penggantian Kanvasnya, tapi memang terasa sangat berbeda. Sejak saat itu saya memutuskan menggunakan terus Castrol Power 1, dan sejauh ini cocok, baik performa maupun harga. Sempat sebulan saya coba menggunakan Oli Pertamina Enduro Racing 4T 10w40 , tapi tetap dari performa lebih nyaman menggunakan Power1.

Nah sekarang tentang rantai. Kenapa tentang rantai? yang saya baca di internet dan forum -forum lainnya, kelemahan yang dimiliki si Tiger antara lain di Rantai. banyak pengguna tiger mengeluh tentang penggunaan rantai yang umurnya cukup pendek, meski menggunakan yang ORI sekalipun. Saya sih tidak mencoba mendukung atau membenarkan pernyataan ini, namun saya ingin bersikap waspada saja. 

Demi menjaga keawetan rantai, saya bela belain beli chain lube diace hardware (tau sendiri lah harga disini). Kalengnya warna emas, tulisan jepang gitu (saya lupa mereknya, udah kebuang juga kalengnya,mungkin blogger yang ngerti bisa nambahin). sebelum saya semprotkan kerantai, saya membiasakan untuk selalu membersihkan rantai menggunakan busa/spons dengan diberi sedikit sabun cuci motor atau sunlight bahkan, demi membersihkan kotoran yang ada dirantai. dibersihkan perlahan secara menyeluruh pada rantai. Saya tidak menggunakan sikat karena menurut saya lebih bersih pake spons. nah setelah bersih saya keringkan sejenak, baru saya semprotkan chain lubenya..


sampe sini dulu tipsnya, capek ngetiknya..hehe
kalo ada blogger yang tau lebih banyak, saya akan senang anda bisa berbagi dengan saya..
terimakasih..!

Comments

Popular Posts