Pengalaman Mengajukan Visa Schengen ke Negara Uni Eropa

Hai
saya ingin berbagi pengalaman saya saat mengurus Visa Schengen ke Eropa beberapa waktu yang lalu.

Jadi begini, beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan informasi bahwa abstrak penelitian saya diterima untuk ditampilkan di salah satu konferensi ilmiah di Wina, Austria. Nama kegiatan itu CTBT: Science and Technology Conference 2015. Kegiatan ini kegiatan 2 tahunan yang dilaksanakan CTBTO, organisasi PBB yang mengawasi pelarangan uji coba nuklir konvensional. (coba googling buat lengkapnya)

Nah, kegiatan ini berlangsung dari 22-26 Juni 2015. Dan untuk berangkat kesana tentulah kita perlu mengurus Visa kunjungan kesana. Dan ini beberapa langkah yang perlu anda siapkan.

Siapkan dokumen-dokumen yang anda butuhkan sesuai persyaratan pengajuan visa schengen yang ditetapkan oleh Kedubes negara tujuan anda. Saya memilih mengajukan visa schengen melalui Kedubes Austria di Jakarta. FYI, belakangan saya tahu anda bisa mengurus visa perjalanan tidak hanya ke tujuan akhir saja, jadi bisa juga anda mengajukan visa ke negara Schengen yang menjadi pintu masuk pertama penerbangan anda ke Eropa. Ex. penerbangan saya transit Amsterdam, nah sebenarnya bisa saja saya mengurus Schengen nya ke kedubes Belanda, karena nantinya stamp imigrasi ke Eropa anda akan didapat di Amsterdam, dari Amsterdam ke Wina itungannya penerbangan lokal

Syarat-syarat dapat anda temukan di situs kedutaan masing-masing beserta formulir yang harus anda isi untuk pengajuan visa beserta informasi biayanya. oya, saya sarankan jauh-jauh hari anda siapkan dokumen2 ini, terutama penerbangannya karena FYI, waktu terbaik dan termurah untuk memesan online ternyata 8 minggu sebelum tanggal keberangkatan anda (dari NG Channel yg saya tonton dirumah). Kemudian, booking tanggal anda untuk datang dan mengajukan berkas visa anda ke kedubes, ini bisa anda lakukan juga di situsnya kedubes (dalam hal saya, Austria).Tidak semua negara mensyaratkan ini, tapi ada baiknya memastikan biar gak pulang sia-sia. perhatikan syarat-syaratnya sehingga anda tidak perlu bolak balik.

Saya lupa tanggal saya datang ke kedutaan Austria, ingat saya hari jumat pagi, saya dapat bookingan pada jam 10, tp sy datang lebih awal. saya menyerahkan seluruh berkas saya, hanya 1 saja yang kurang, dan diminta datang lagi hari senin untuk melengkapi. Hari senin saya kembali dan kemudian visa saya keluar +/- 10 hari kerja.

dan voila,saya mendapatkan visa saya. oya satu lagi, pengajuan dan pengambilan visa dan paspor anda yang telah ditempelin visa harus dilakukan oleh anda sendiri tanpa diwakili orang lain loh !


Maaf tidak menulis rinci, hanya ingin berbagi yang saya lewati :)

Comments

Popular Posts