Solo Touring ke Bandung, 28-30 Juli 2015- Part 2

Tulisan ini lanjutan dari perjalanan touring ane sendirian ke Bandung. Oke ane lanjutkan yak.

Malam pertama menginap di Hotel Grand Guci saya tidur agak terlambat, jam 2 pagi baru bisa tidur. Alhasil saya bangun paginya juga telat, baru bisa bangun jam 9 an, untung waktu makan paginya gak kelewatan. Cuci muka bentar, ganti baju tanpa mandi dan sikat gigi saya bergegas langsung ke Ruang Makan Hotel. Saya kira menu sarapannya cuma nasi goreng aja kayak hotel mid cost lain,tapi ternyata menu prasmanan kayak di hotel-hotel agak mewah yang lain. Yaudah sikat aja yang ada.

Jam 9.30 balik ke kamar hotel, langsung mandi sebentar, kemudian main hape, bimbang mau kemana siang ini. Bermodal kan hape andro saya mencoba searching tempat-tempat spot yang bisa saya datangi dalam waktu setengah hari. Dan pilihan pun jatuh ke Situ Patenggang dan Kawah Putih Ciwidey. Ke kawah putih ciwidey saya sudah pernah, cuma waktu itu hujan deras dan sangat dingin, dan kawah tertutup kabut. jadi saya ingin kembali ke sana.

jam 11 siang saya berangkat dari hotel. jalur yang saya lewati itu seingat saya ya, pasir kaliki-pasteur-gunung batu-cimahi-soreang-ciwidey-pangalengan. saat melewati gunung batu sempat mampir di toko helm di jalan itu, iseng nnya helm supermoto mds. ternyata gak ada yang ukuran TS (Kepala saya lumayan gede, helm aja ukuran XL -_-). Akhirnya beli masker item gambar tengkorak

berfoto selfi dengan masker tengkorak waktu di ciwidey
Segera saya lanjutkan perjalanan bermotor saya, perjalanan cukup lancar walau lalu lintas di Cimahi lumayan padat menuju Leuwigajah. Selepas Leuwigajah menuju Soreang perjalanan lancar, sesekali tersendat karena jalanan kecil yang juga dilewati kendaraan-kendaraan besar macam truk pasir. Sejam perjalanan saya mampir d SPBU Al maksoem di dekat arah Ciwidey, isi bensin, salat dzuhur dan buang hajat sebentar.
 Si macan mampir di spbu almaksoem

Selepas dari SPBU itu, saya melanjutkan perjalanan. Perjalanan ke atas semakin menanjak, dan jalannya cenderung menyempit. Sepanjang jalan, dari SPBU hingga memasuki dan lepas pasar Ciwidey menuju Kaawah Putih dan Situ Patenggang  akan banyak anda temui kebun strawberry petik sendiri, saya belum mencoba mampir, lucu aja metik buah itu sendirian, keliatan banget ngenes sendiriannya.haha. Sebelum memasuki kawasan hutan lindung masih banyak ditemui pemukiman warga, menjelang hutan lindung baru agak sepi.

Mendekati Kawah Putih, Jalan menuju situ patenggang
Dari sini jalan lumayan berkelok dan curam, sering saya jumpai blindspot saat tikungan. jadi berhati-hati deh, be patient, yang penting safety bro. Tapi jalanannya lumayan muluss, dan sekitar 25 menitan kayaknya sudah tiba digerbang kawah putih. nah karena situ patenggang searah dgn kawah putih walau agak lebih jauh 8 km dari situ, saya memutuskan ke situ pangalengan dulu. dan waow, jalan dan pemandangannya bagus banget. dipenuhi hamparan-hamparan perkebunan teh yang menggugah hati, sepanjang jalan banyak ditemui muda-mudi yang melipir untuk sekedar berfoto. Ah sedih rasanya foto sendirian, hehe

TS selfie doloh pake helm
 Oya, area situ patenggang ini merupakan wilayah dalam daerah perkebunan teh walini. sepanjang jalan juga banyak ditemui resort yang menawarkan air panas. Hmm cuma memutuskan tidak mampir karena tidak membawa pakaian ganti.
plang tanda perkebunan walini

jalan menuju situ patenggang

hamparan perkebunan teh
 Jalan menuju situ pangalengan lumayan sempit dan berkelok-kelok tapi pandangan luas, jalannya juga mulus. mungkin agan-agan yang suka cornering sambil downhill/uphill bisa nyobain kebut-kebutan sambil mereng-mereng.hehe. Penanda jalan menuju situ pangalengan juga jelas kok, jadi nyasar gak mungkin deh bagi agan yang belum pernah sama sekali ke sini.

jalan jika balik dari situ pangalengan menuju ke kawah putih
oke sekitar jam 1 an kayaknya saya tiba juga di situ pattenggang. ngeliat plang namanya jadi seneng gak terkira. bayar ongkos masuk dan biaya motor, anda harus berkendara 5 menit dari pos masuk menuju ke danau nya. nah pemandangan menuju danaunya ini indah banget menurut gua.

Plang nama situ patenggang
Dan saya malah lumayan lama berhenti di jalan bagian atas menuju situ patenggangnya,mengabadikan foto dari bagian atas situ
pemandangan dari atas situ
Puas foto-foto akhirnya saya menuruni jalan menuju situ patenggangnya. masuk parkir, titip helm akhirnya jalan deh ke dalam. udaranya beneran seger banget, dan enaknya gak terlalu ramai. Mungkin pas saya datang tidak pada hari libur nasional. situ patenggang ini sendiri sekelilingnya dikelilingi perkebunan teh semua jadi bener-bener nyegerin mata banget setelah sehari-hari menghabiskan waktu di penatnya hutan beton. dan saya suka tempatnya lumayan bersih, salut buat pengelola dan mungkin pengunjung yang cukup patuh. Dipinggir danau juga disediakan banyak perahu yang bisa mengantar pengunjung untuk berkeliling, cuma saya tidak tau berapa biayanya. sedih sih ya kesini sendirian, coba ada yang nemenin gtu, yang cantik yaa terus gandengan kitanya hmm..tapi gak apa-apa.haha. ada keadaan unik disni. jadi saya memperhatikan banyak pasanga-pasangan gitu yang datang, yang cewek mungkin karena emang spotnya bagus buat foto-foto,, pada cantik-cantik make up gitu pake pakaian yang setara foto distudio,nah cwo nya deh yang moto. tapi kontras dengan cwe-cwe mereka yang pada keren-keren cantik itu (ane aja ngeliatin mulu yak), mereka pada berantakan gmna gitu, mukanya kayak kumel kena debu karena bawa motor jarak jauh mungkin. ya namanya juga cintah gitu, penuh pengorbanan. hehe

sini dek mas gandeng tangannya. ahh..mas *mimpi

plang nama di dalam area situ patenggang

pemandangan total dalam situ patenggang

jalan di situ patenggang
puas menikmati udara, pemandangan dan foto-foto sepuasnya, jam 2 lebih dikit kayaknya saya memutuskan untuk pergi dan menuju kawah putih. jalan naik ke kawah putih ternyata tidak kalah menyenangkan, dihibur dengan pemandangan kiri kanan jalan yang memukau. tapi kayaknya kalo lewat sini malem-malem ato berkabut tebal yang baru mengerikan karena sepanjang jalan saya gak liat ada lampu jalanan yang memadai.

Tibalah saya di Kawah Putih, dan sampai disini langsung ke parkiran, menurut saya parkiran agak mahal, 15rb masa buat motor, ya memang dikasih 2 buah masker. langsung ke loket, bayar 38 ribu. sebenarnya cuma 30 ribu sih, cuma karena sedang sepi kendaraan yang menuju atas kawah agak lama penuhnya, minimal 12 orang, jadi kami pengunjung sudah ada memutuskan patungan untuk mempercepat keatas. kami baru keatas jam 3 an kayaknya. Kendaraan ke atas kawah ini menurut saya agak tidak safety. selain kendaraan nya kenceng banget, gak ada pengaman sama sekali padahal kendaraannya tuh cuma macam kendaraan odong-odong gitu

tiket masuk dan transport ke atas kawah putih ciwidey
 Jalan menuju ke atas kawah lumayan berkelok-kelok, biasanya yang ke atas mobil pribadi saja, jarang motor naik ke atas walaupun emang ada

jalan menuju kawah
 Sampai diatas kawah saya mengikuti petunjuk jalan menuju kawahnya,.. pemandangannya lumayan indah dengan kawah berwarna biru kehijauan yang menawan di kelilingi pasir vulkanis yang masih cukup lunak..cuma satu hal yang saya agak sayangnkan, betapa pengunjung agak tidak peduli dengan kebersihan dalam kawah. begitu banyak sampah berserakan disekitar kawasan kawah.
menuju ke bawah kawah

pepohonan disekitar kawah . dapat dilihat beberapa sampah yang berserakan

pemandangan kawah
 Ada cerita unik saat saya disini. saya bertemu dengan rombongan bapak-bapak dan ibu2 gitu yang kayaknya teman waktu masa sekolah. kita berada pada mobil yang sama saat ke atas dan turun dari kawah. ada salah satu bapak-bapak yang baik banget ngerti menawarkan diri untuk memfoto saya, karena mungkin kasian melihat saya yang hanya bisa selfi sendirian mulu. Beliau ternyata salah satu dosen tipikor di Universitas Paramadina, dan bercerita sering berpetualang sendirian juga sampai backpacker sendirian ke Eropa. Saya juga bertemu orang India yang agak aneh yang juga jalan sendirian. Dia meminta beberapa orang termasuk saya untuk mengambil foto dia menggunakan smartphonenya dengan latar belakang kawah putih. yang lucunya, gayanya itu banyak banget, gak puas dia kalo kita cuma ambilin satu atau dua foto. mungkin ada 10 foto yang sambil dengan gaya dia yang berbeda. nah lebih koplaknya lagi biasanya kan orang nawarin gtu ya gantian motoin kalo udah difotoin, nah dia pura-pura bodoh gtu, langsung sibuk ama foto-foto yang udah di ambilin ama gua . yaudahlah -_-

pemandangan kawah (lagi)

Akhirnya saya pulang dari kawah putih sekitar jam 4.45 sore. sekitar jam 5.20 sore saya makan siang (lupa makan siang dari tadi) di warteg dekat arah soreang. nah begitu masuk soreang saya salah mengambil jalan kembali ke bandung, yang bikin saya hampir nyasar sampai cililin, dan akhirnya nyasar juga sampai Batujajar. setelah bertanya-tanya baru saya masuk cimahi, sekitar jam 6.30 malam! tambah suntuk saat melewati daerah mall cimahi gtu, yang banyak toko sepatunya. macet bener-bener dah. saya baru memasuki bandung, pasteur dan berhenti sejenakn dekat jembatan layangn pasopati jam 8 malam. nah saya akhirnya janjian makan ama temen di Ceker Madun deket Unpad kampus dipati ukur. kisahnya akan saya ceritakan di pos lain.

Habis dari situ akhirnya saya dan teman saya ini main ke alun-alun kota bandung, yang terkenal dengan karpet hijau khas lapangan futsal sintetisnya. emang bersih sih, tapi kok saya duduk situ sebentar bikin agak gatel-gatel pantat saya ya?haha

alun-alun bandung malam hari

mesjid bandung
Akhirnya setelah puas seharian jalan-jalan, Ts memutuskan kembali ke hotel, parkir motor sebentar, nyebrang depan hotel beli ayam lalapan, kembali ke kamar, makan, mandi , dan kemudian tidur untuk mempersiapkan diri perjalanan pulang ke Jakarta