TIPS JITU MEMILIH MOBIL BEKAS

DEAR ALL,
Kadang, dimasa moderen kayak gini, keinginan untuk memiliki kendaraan bekas sudah menjadi suatu kebutuhan yang gak tertahankan selain memiliki hunian idaman, apalagi kalo uda punya keluarga kecil sendiri. Maunya sih pasti mobil baru, mewah (macam Toyota Land Cruiser) tapi apa daya dana hanya cukup buat beli mobil bekas.

Nah saya ingin membagi pengalaman buat memilih mobil bekas yang tepat buat anda semua, karena sejauh ini saya sudah membeli mobil bekas dua kali dalam rentang waktu yang cukup berdekatan, tidak lebih dari 6 bulan. Pembelian pertama sukses, dengan mobil minim, saya rapikan, saya jual kembali masih dapat untung mayan gede. Nah pembelian kedua agak mengecewakan, over priced, too much yang harus diperbaiki, ya walau klasik dapet sih :D. Sampai sekarang masih dalam tahapan berbenah.

So, mari kita mulai.

TENTUKAN BUDGET DAN SASARAN KENDARAAN YANG ANDA INGINKAN
Budget saya taro paling atas, karena gimanapun yg menentukan apa yang kita mau dan yang kita dapatkan ya dari dana. Kendaraan bekas memiliki rentang harga yang berbeda tergantung merek, jenis, dan tahun pembuatan. Coba tentukan terlebih dahulu kendaraan seperti apa yang anda inginkan, Multi Purpose Van kah, Sedan Kah, SUV atau apapun. Kalo saya sih emang prefer kendaraan bertipe SUV karena biasanya ground clearance lebih tinggi dan juga keliatan laki banget, dan kalo nerjang genangan masih agak pede.

Oiya, jenis mesin dan  bahan bakar yang digunakan juga menentukan harga. Kendaraan bermesin diesel biasanya cenderung lebih tinggi harganya, karena perawatannya yang cenderung lebih murah (terutama  kalo  masih diesel konvensional) , harga bahan bakar dan konsumsi bahan bakar yang lebih murah dan ekonomis, dan biasanya sparepart lebih mudah didapat (kadang kalo diesel tp pabrikan non jepang suka susah juga sih). Kalo mesin bensin, dengan CC yang diatas 2000cc dipastikan akan lumayan gede konsumsi bahan bakarnya, apalgi harga bahan bakar bensin emang lebih mahal daripada bahan bakar mesin diesel.

Selanjutnya, selain menyiapkan dana untuk membeli kendaraannya, anda juga musti menyiapkan dana untuk melakukan perawatan. Jadi namanya kendaraan bekas ya tentu tidak akan se mulus kendaraan baru walau sudah anda test drive, jadi demi safety dan kenyaman siapkan dana khusus untuk ini, 10-15 jutalah kalo menurut saya

Untuk menekan biaya tambahan diluar harga mobil dan biaya beres-beresnya, sebisa mungkin pilih kendaraan yang tidak memiliki tunggakan pajak, karena walau kendaraan dengan pajak yang sudah mati lebih murah daripada yang masih hidup pajaknya, anda tidak perlu mengeluarkan dana ekstra atau mengalokasi waktu buat bayar pajak. apalagi kendaraan dengan keadaan stnk sudah kadaluarsa. Kecuali memang anda sudah siap dana dan memang berniat mau sesegera mungkin mengganti kepemilikan kendaraan atas nama anda sendiri.

CEK KEASLIAN DAN KEABSAHAN SURAT KENDARAAN
Ini agar anda tidak puyeng dikemudian hari. Pastikan seluruh keterangan pada STNK dan BPKB kendaraannya sama, terutama nomor polisi, nomor rangka, nomor mesin, dan warna kendaraan. Saat membeli mobil bekas saya yang kedua saya teledor, di STNK dan BPKB tertulis kendaraan warna silver, tapi ternyata kendaraan warna Gold. Kemudian sebisa mungkin kelengkapan surat tambahan seperti faktur juga harus ada, karena itu adalah dokumen yang tidak terpisah dari surat kendaraan bermotor.
Oiya, terkadang ada beberapa kendaraan bekas tertentu, terutama yang sifatnya CBU dan tidak pernah dijual Indonesia, bekas dari Kedutaan atau Misi Diplomatik negara tertentu itu faktur dan plat nomornya berbeda, menggunakan faktur B dan tidak memiliki STNK dan BPKB cuma surat keterangan saja. Mobil dengan keadaan surat seperti ini biasanya jauh lebih murah, tp jika anda memilikinya dan berniat menjadikannya legal, kepengurusan suratnya bisa sangat mahal

LAKUKAN PENGECEKAN SECARA FISIK LUAR DALAM
Budget uda, surat udah. sekarang lakukan pengecekan awal kendaraan melalui tampilan fisik luar dalam.
Pertama, lihat keadaan luar bodi kendaraan. pastikan cat masih bagus, tanpa kusam, tanpa ada keropos atau karat. Kemudian lihat bagian atap, bagian ini biasanya suka lebih cepet kusam. Lihat ada bekas lecet atau penyok.

Kemudian setelah bodi oke, kita liat bagian kolong, pastikan bagian kolong mobil, rangka kendaraan, tidak ada karat atau keropos. Kalau ada keropos terutama dibagian rangka, tinggalkan. karena bakalan bikin budget gede. Dan ini terjadi pada saya saat membeli kendaraan kedua, beberapa minggu setelah beli saya menemukan keropos pada rangka kanan belakang. Akhirnya saya bawa ke bengkel offroad dan lakukan reinforce sasis dan mengecat ulang sasis nya. Akhirnya membuat saya mengeluarkan dana ekstra.

Bodi udah, kolong udah, sekarang masuk ke dalam. Lihat panel-kendali kontrol, pintu2, apakah ada kerusakan berarti apa tidak, bau didalam kendaraan sebisa mungkin tanpa ada bau apek, karena dikuatirkan pernah terkena banjir atau terendam. Lihat bagian lantai dalam, apakah ada karat atau keroposdi lantai bagian dalam. Ada keropos, hindari. Cek kaki-kaki, apakah ada yang terlihat oblak atau terlihat tidak normal

Kalo uda oke, mari beralih ke kelistrikan dan mesin

LAKUKAN PENGECEKAN KELISTRIKAN, MESIN, DAN TRANSMISI
Coba nyalakan kendaraan, coba perhatikan apakah semua panel kontrol menyala dengan baik tanpa warning tertentu, seperti tekanan oli, suhu, indikator aki, dan sebagainya. Cek power window, ac, audio, lampu dsb. Cek ketinggian oli mesin saat keadaan dingin, dan normalnya ketinggian oli mesin berada ditengah antara garis minimum dan maksimum dipstik nya. Cek oli powersteering, rem, air radiator. Coba stater mesinnya, dalam keadaan normal seharusnya sekali stater pun nyala. Jika tidak, mungkin ada masalah di dinamo stater, alternator atau akinya. Coba gerakkan stir kiri kanan utk mengetahui keadaan powersteering dan pengendalian kendaraan

 Biarkan mesin menyala beberapa saat, dengarkan baik2 suara mesin apakah terdengar merdu atau ada bunyi aneh tertentu. Perhatikan lubang-lubang oli, apakah ada kebocoran dibawah mesin. Lihat radiator, apakah ada kebocoran, lihat pompa powersteering, pompa oli, waterpump dan sebagainya. Coba gas kendaraan dengan rpm agak tinggi untuk melihat apakah ada asap berlebihan dari knalpot. Kalo kendaraan diesel konvensional yang indirect injection tanpa turbo, seharusnya tidak ada asap tebal dari selang hawa saat mesin panas, jika mesin indirect dengan turbo/ mesin direct injection dengan atau tanpa turbo lihat knalpot belakang, seharusnya tidak ada gas putih tebal yang bikin mata terasa pedas saat anda gas di rpm agak tinggi. Mesin bensin seharusnya tidak ada asap putih sama sekali saat anda gas

Coba pindahkan transmisi, apakah terasa lancar atau agak keras saat melakukan perpindahan. Kalo agak keras, ada kemungkinan ada masalah pada transmisinya
TEST DRIVE
Nah kalo semua hal diatas anda rasa cukup memuaskan, lakukan test drive. Rasakan tarikannya, perpindahan transmisi, peningkatan kecepatan, suspensi, dan pengereman untuk mengukur dan memperkirakan pr apa aja yang bakal jadi kerjaan anda setelah anda memutuskan kendaraan ini. Pastikan tidak terjadi overheat saat anda mengendarainya. Rasakan juga apakah ada yang gak beres ama pengendalian kendaraannya.
FINAL 
Setelah semua sudah enak, keputusan kembali ditangan anda, apakah akan meminang kendaraan tersebut atau tidak. Sampaikan semua yang anda amati kepada penjual agar anda dan yang punya mobil bisa sepakati harga terbaik. Lebih baik lagi jika anda bisa mengajak mekanik saat melihat kendaraannya jadi bisa makin yakin dengan kendaraan yang anda cek ini. 

Kalau anda jadi meminangnya, bawa kendaraan yang anda beli segera ke bengkel kepercayaan anda, cek kaki-kaki dan
Nah sepertinya cukup seperti ini saja pengalaman yang bisa saya bagi. Saya bukan mekanik, cuma berbagi pengalaman dan info dari teman sejawat dan teman-teman mekanik. Kalo ada tambahan saya siap berbagi !

Terimakasih dan selamat berburu kendaraan bekas ;d

 

Comments

Popular Posts